Sabtu, 14 Agustus 2010

Honda City VTEC 2005 : Kombinasi antara Pengalaman dan Treatment Akustik

Honda City VTEC 2005 : Kombinasi antara Pengalaman dan Treatment Akustik

Ini salah satu bukti bila pengalaman menjadi guru terbaik untuk meraih title juara di kontes SQ. Kontes demi kontes diikutinya demi menimba pengalaman kompetisi, akhirnya kini Sandy pun bisa mendapatkan trophy juara SQ di acara puncak EMMA 2010.

Dengan menggunakan Honda City VTEC tahun 2005, Sandy juga sekaligus menepis anggapan bila mendapatkan suara merdu di kabin mobil sedan itu sulit. Lewat tangan dingin Sandy, frontliner workshop Sterindo Autosound, hasilnya mobil dengan kontruksi kabin dan bagasi terpisah ini beringas dengan menggondol 3 juara di kelas atas, yakni 60Jt, Advance 60Jt dan FFA.

Saat disambangi Tim SO, Sandy dengan senyum mempersilahkan system audio di dalam kabin kendaraan untuk didengar. Ehmm..inilah audio selera suara juri asal Thailand. Sedikit informasi mobil ini memang menjadi demo car workshop Sterindo Autosound. Di kabin mobil ini sering digunakan sebagai media riset produk car audio.

Produk Andalan
Kini hasil terbaik sound quality telah diraih, kuncinya produk audio andalan ditanam penuh di sedan ini. Sebelumnnya, Sandy melakukan matching produk di Lab Sterindo, setelah masa break in selesai, produk di install di Honda City. Sebagai main source Pioneer ODR RSD7R II yang dikombinasi dengan processor Pioneer RSP9. Alat pintar ini memberikan fitur tuning yang mendukung semua sound yang ingin dicapai oleh Sandy.

Honda City VTEC 2005 : Kombinasi antara Pengalaman dan Treatment Akustik

Demi suara mulus dari speaker 3 way Cello Premium Series, speaker tersebut dibuat pabrikan dengan spesifikasi high quality, jadi sangat cocok untuk kompetisi. Speaker ini mendapat tenaga dari amplifier Abyss. Hentakan nada bass dihasilkan subwoofer Pioneer PRS 12”.
Ternyata mobil kontes ini, tetap menjadi kendaraan keluarga oleh pria yang hobby pelihara ikan hias. Dengan head unit single din monitor Pioneer AVH 7950 yang memberikan fasilitas multimedia ke monitor head rest Symbion 7”.

Instalasi Kick Panel
Instalasi speaker sekarang yang banyak diadopsi oleh installer di tanah air adalah model kick panel. Dengan model ini, suara yang datang dari speaker tepat didengar telinga. Tidak ada frequency yang hilang, suara antar midbass, midrange dan tweeter sejajar terdengar.
Selain itu keuntungan box midbass model kick panel adalah suara terdengar solid dan mulus, vibrasi bisa berkurang pasalnya dudukan box sangat rigid, jauh sangat berbeda apabila dipasang di pintu. Namun bukan berarti tanpa konsekuensi, Sandy harus merelakan sisi kolong dashboard hingga lantai diberikan porsi box, hal ini demi mendapatkan suara midbass yang mantap.

Tapi soal kenyamanan berkendara, pria yang tinggal di Jakarta Barat ini tetap memperhitungkan faktor keselamatan mengemudi. Pedal gas dan rem bisa leluasa diinjak, tanpa terganggu box midbass. Sisi lainnya, ban serep juga tidak dilupakan, disediakan ruang dibalik jok bekalang, sehingga tidak mengurangi perannya sebagai mobil harian.

Honda City VTEC 2005 : Kombinasi antara Pengalaman dan Treatment Akustik

Treatment
Jika diperhatikan mobil ini memang banyak mendapat polesan akustikal yang rasanya mampu memberiakan tata suara menjadi lebih teduh. Seperti pada dashboard yang dipapas pada ujung panel indikator. Hal ini diaplikasi lantaran mampu mengurangi gelombang suara “nakal” sehingga frequency mulus, dan tata panggung lebih baik, lainnya mobil dibalut peredam disekujur tubuh mulai dari firewall, lantai, pintu bagasi hingga engine hood. Hal ini sangat ampuh meredam distorsi sehingga menjadi lebih rigid dan bebas vibrasi.

Tretment lain ada kayu akustik yang menempel diatas dashboard, hal ini untuk menjadikan suara sesuai apa yang diinginkan Sandy, terdapat kayu akustik di atas dashboard dan panel doortrim. Masih bicara treatment akustikal, di bagian sudut kaca pintu turut ditempelkan diffuser hal ini sangat baik untuk mencegah standing wave pada sisi samping kabin. Hasilnya 3 juara di kelas atas.
Pengalaman berharga Sandy, bisa ditiru SO'mers agar jangan pernah putus asa di kontes SQ.

Prestasi di EMMA Final :
Juara 1 Kelas 60 Jt, SQ EMMA Final 2010
Juara 1 Kelas Advance 60 Jt, SQ EMMA Round 1, 2011
Juara 1 FFA, SQ EMMA Round 1, 2011
Spesifikasi Audio :
Head unit : Pioneer AVH 7950
Pioneer ODR - RSD7R II
Processor : Pioneer ODR – RSP 9
Headrest : Symbion 7”
Speaker : Cello 3 Way Premium Series
Amplifier : Abyss CT4.400 (2 pcs)
Abyss CT2.300
Subwoofer : Pioneer PRS 12”
Accu : Stinger SPV 44

Sumber : www.situsotomotif.com dan www.gudangmobil.com

1 komentar: