Jumat, 06 Agustus 2010

Honda Accord Cielo 1994: "Limousine Ala Jogjakarta"

Honda Accord Cielo 1994:

Spesifikasi modifikasi Honda Cielo kali ini begitu lengkap, wajar mendapat predikat Champion Elegant. Yang menjadi ciri mobil ini adalah body melar, air suspension dan perintah motorized untuk membuka semua pintu. Jogjakarta kembali mentorehkan tinta emas dalam jagad modifikasi tanah air. Baru-baru ini modifikator asal kota guded berhasil menggapai trophy Champion Elegant Accelera Auto Contest yang dihelat baru-baru ini di Jakarta.

Semangat pantang menyerah dijalani tim Jogja Speed dengan kendaraan asal pabrikan Jepang. Honda Accord Cielo keluaran tahun 1994 yang masuk ke Emagz SO kali ini, telah mengalami bedah wujud yang amat berbeda dengan mobil aslinya. Sebagai Front Cover, tim SO melihat banyak kelebihan dari mobil berkonsep Japan Limousine ini. Saat dilihat dari bagian depan, mobil ini memang tidak begitu mencuri perhatian, namun buat SO'mers yang melihatnya dari samping, maka akan melihat sebuah kualitas permak body yang begitu memukau. Di sinilah letak kelebihan mobil sedan asal Jogjakarta.

Sedikit memberikan informasi, lama proses pengerjaan mobil ini memakan waktu 1 tahun. Selama 12 bulan inilah Sedan hitam tersebut nongkrong di workshop yang berlokasi di Jl. Krangkungan, Jogjakarta. Hasil pengerjaan tergolong halus, detailing pada tiap sisi terlihat rapih. Inilah yang menggaet hati juri modifikasi untuk memberikan point tinggi, antara konsep dan detailing sama baiknya.

Honda Accord Cielo 1994:


Permak Body
Penambahan “daging” dan “tulang” pada mobil ini memang dilakukan untuk mendapatkan tampilan Limousine. Demi mendapatkan body premium, tim Jogja Speed memakai bagian kendaraan lain. Jadi ada kendaraan yang dikorbankan dan body-nya ditambah ke Honda Accord. “Pilihan menggunakan body kendaraan dilakoni demi mendapatkan hasil desain yang selaras,” kata salah seorang perwakilan tim Jogja Speed, saat pemotretan mobil ini.

Dilihat sekilas, memang terdapat pintu tengah yang mengadopsi dari kendaraan. Hanya saja dibutuhkan kejelian desain sehingga hasilnya maksimal. Tidak hanya “daging” yang ditambah, namun hal yang sama juga diperlakukan pada chasis yang ditarik porosnya sesuai kendaraan. Hanya di bagian tengah dilakukan penyambungan dengan menggunakan chasis baja dan diikat dengan erat oleh las kualitas tinggi. Selain itu penambahan kaca samping juga dilakukan, mengikuti bagian yang ditambah.

Semakin menarik di bagian penyambungan body, tim Jogja Speed tidak menggunakan pilar tengah untuk menyangga atap. Pintu suicide door dipilih lantaran konsep pintu ini mengedepankan desain elegant murni. Pintu belakang digerakkan dengan system motorized yang dioperasikan dari knob di bagian dashboard.

Bicara system motorized juga berlaku pada tutup pengisian tangki bensin, pintu depan, baggage hood, engine hood dan sunroof. Cukup pencet knob semua bagian yang terbuka ini bisa bergerak secara simultan.

Honda Accord Cielo 1994:

Kabin Lux
Tidak nikmat rasanya, jika tidak masuk ke dalam Limousine. Suasana mewah terlihat pada partikel kabin. Daleman Limo ini banyak memakai part custom yang didesain ala tim Jogja Speed. Mulai dari jok, dootrim, dashboard, carpet, plafond dibungkus dengan leather lewat pengerjaan apik. Namun Limo ini tidak haram menggunakan part aftermarket seperti steering wheel pakai Fabulous, shiftknob milik DAD, pedal set kepunyaan Momo.

Kabin terbagi menjadi dua bagian, pemisahan ini menjadi simbol mobil VIP, di depan disediakan jok untuk driver dan bagian kiri masih diberikan 1 jok untuk penumpang. Sementara di kursi belakang tersedia sofa empuk dengan desain double seat. Sofa ini dibalut dengan leather motif kulit buaya, walhasil kesan mewah bisa didapat.
Selain itu terdapat TV berukuran besar yang bisa digerakkan dengan system motorized. Tidak lengkap rasanya bila tidak menyediakan minibar sebagai prasyarat mobil VIP, dengan memanfaatkan beberapa sisi, maka fasilitas minibar turut tersedia. Ada di dalam kabin luxurious dengan layanan berbagai fasilitas, menjadikan penumpang belakang layaknya berada di hotel bintang lima.


Honda Accord Cielo 1994:

Multimedia Sistem
Apa yang menjadi system untuk meramu layanan audio di dalam kabin? Mobil ini mencemplungkan system multimedia agar sesuai dengan konsep over all mobil ini. Sebagai source utama dipakai head unit Alpine CDA-9861 yang disambungkan ke TV monitor di kabing belakang seperti monitor 32” dan dan LCD 19” yang ada di trunk.

Untuk speaker disesuaikan dengan kebutuhan, ada 5 set speaker 6.5” yang tersebar di kabin depan, belakang dan bagasi. Tidak ketinggalan subwoofer 12” nongkrong dengan posisi reverse agar makin terlihat sentuhan kosmetik. System multimedia ini didukung oleh 3 power dengan tenaga besar. Sehingga system tidak akan drop apabila semua driver dan monitor bekerja.
Limousine hasil besutan wong Jogjakarta ini membuktikan,bila modifikasi di tanah air, telah menjadi gaya hidup dan harus mendapat apresiasi yang layak dari semua pihak.

Spesifikasi :
Exterior :
Body color : Spies Hecker Super deep black
Spion : custom
Bumper : custom
side skirt : custom
Rear wing : custom ducktail
Engine hood : custom
Baggage Hood : custom
Wide body : custom
Grill : custom
sunroof : custom
Emblem : DAD
Under Carriage :
Per : Air Suspension Crux Air
Shockbreaker : Air Suspension Crux Air
Tyres : Accelera 225/35/20 (front)
Accelera 245/35/20
Pelek : Super star Rowel 20x(9+10)+0
Rear Chamber kit
Engine :
Muffler : custom
Turbo : IHI RHF5
Intercooler : Greedy
Pipe : custom
Header : custom
Air filter : Hurricane
Interior :
Dashboard : leather
Seat : leather
Carpet : custom
Doortrim : custom
Door sealplate : custom
Plafond : custom
Steering wheel : Fabolous
Shiftknob : DAD
Pedal Set : Momo
Gas lever : Momo
Turbo Timer : Pivot
Audio :
Head unit : Alpine CDA-9861
TV Monitor : Custom motorized 32”
LCD Samsung 19”
Proson 7” (2 pcs)
Full motorized AVT 7”
Speaker : Hart 6.5 (5 set)
Amplifier : Soundstream Van Gohg
Soundstream Picasso
Performa Competition (monoblock)
Subwoofer : Rockford Fosqate P1 12” (4 pcs)
Cap bank : Intersys 1.5F (2 pcs)

Workshop Modifikasi :
Jogja Speed
Jl. Krangkungan No. 13-15
Jogjakarta, Telp & Fax : (0274) 886640

1 komentar:

  1. That is a very nice luxury car. The elegance of a Limousine service makes the day special and unique. It sure is fun and exciting to ride one on a special event. It's good that Limousine rental service is now just a click away for inquiries and quotation.

    BalasHapus