Jumat, 12 Februari 2010

Hemat BBM dengan Mobil Hibrida (1 liter = 25)

Mobil Hibrida adalah mobil yang menggunakan listrik dan bensin sebagai sumber energinya, sehingga pemakaian bensin bisa dihemat jadi 1:25 meski AC menyala. Ada pun biaya pemakaian listrik sangat rendah. Kurang dari 1/10 harga Pertamax Plus.

Jika pemakaian bensin anda 10 liter setiap hari dengan Pertamax Plus akan menghabiskan Rp 36,5 juta per tahun, dengan mobil hibrida anda cukup mengeluarkan Rp 18,25 juta per tahun. Bahkan jika anda memakainya dengan efisien bisa lebih hemat lagi sampai Rp 3,65 juta per tahun. Anda bisa menghemat lebih dari Rp 32 juta per tahun dari bensin dengan menggunakan mobil Hibrida!

Jika anda memakai mobil bensin selama 10 tahun, anda harus menghabiskan biaya untuk bensin sebesar Rp 365 juta. Uang sebesar itu cukup untuk membeli rumah atau biaya pendidikan anak anda dari TK hingga perguruan tinggi. Padahal dengan mobil Hibrida/Listrik anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 36,5 juta. Apakah anda mau mengeluarkan uang sebanyak itu untuk membeli bensin dari perusahaan-perusahaan minyak dan mengubahnya jadi asap?

Dengan mobil Hibrida anda tak perlu takut jika listriknya habis, karena bensin langsung bisa menggantikannya. Performancenya juga tidak kalah dengan mobil bensin, karena begitu tenaga dirasa kurang, mobil ini bisa menggunakan tenaga listrik, baterai, dan bensin sekaligus.

Meski demikian harga mobil hibrida masih mahal, yaitu sekitar US$ 50.000 (Rp 450 juta lebih). Ini karena mobil Hibrida selain membuat sistem bensin juga membuat sistem listrik.

Mobil Hibrida yang tidak bersuara ketika menggunakan listrik juga bisa menimbulkan kecelakaan karena orang tidak tahu ada mobil yang mendekat, sehingga di AS diusulkan memberikan suara buatan agar lebih aman.

Jika pada mobil bensin banyak yang mati karena keracunan gas CO2 dari asap kendaraannya, maka pada mobil Hibrida yang menggunakan listrik anda aman dari bahaya ini.

Honda Jazz yang cukup populer di Indonesia juga akan memproduksi mobil Hibrida, sementara anda sudah bisa mencoba mobil hibrida di Toyota Rent A Car (TRAC).
Pengirim : gudangmobil.com
Sumber : http://infoindonesia.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar