Kamis, 26 Agustus 2010

Perawatan Pintu Mobil 2

Pintu mobil merupakan bagian kendaraan sangat penting untuk dirawat, sehingga menjamin keamanan & kenyamanan pada saat berkendaraan. Pintu mobil sering luput dari perhatian pemiliknya, padahal jika terjadi kerusakan bisa berakibat fatal.

Misalnya, bila rel kaca sudah getas sehingga air bisa masuk ke celah pintu dan membuat mekanisme penggerak kaca jendela berkarat. Sehingga saat naik turunnya kaca akan terasa berat dan harus dibantu dengan tangan. Belum lagi terdengar suara berderit, serta pemutar kaca bisa macet seketika. Demikian juga dengan gagang pintu, jika pelumas untuk mekanisme pembuka pintu mengering, pintu akan sulit dibuka.

Hal Yang Dilakukan
Tips perawatan berikut ini, sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sekali :
1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng plus dan min, kuas, solar, gemuk dan pelumas semprotan.
2. Buka panel penutup (trim pintu) dengan posisi kaca turun ke bawah. Buka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng plus. Lalu lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil pin.
3. Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng min. Untuk mobil dengan 'power window' copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun dan setelah kering bersihkan dengan lap.
4. Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang menggunakan power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.
5. Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.
6. Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.
7. Perhatikan bukaan pintu luar, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan. Jika ya, lumasi dengan pelumas semprotan. Saat melakukan penyemprotan, sekalian cek dengan memainkan bukaan pintu luar dan dalam.
8. Periksa tangkai besi pengunci pintu. Terutama bagian bawah yang menggerakkan kunci. Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas.
9. Jika sudah selesai pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali.

Sumber : indosiar.com

Rabu, 25 Agustus 2010

Mengejar Porsche 911 Turbo, Nissan GT-R 2012 Naik jadi 500 Horsepower

Mengejar Porsche 911 Turbo, Nissan GT-R 2012 Naik jadi 500 Horsepower

Menurut berita yang beredar Nissan akan meningkatkan performa GT-R nya pada model tahun 2012 untuk terus mengekor Porsche 911 Turbo. Ubahannya akan lumayan drastis termasuk suspensi, rem, dan mesin 3.8-liter twin-turbo V6 yang akan menghasilkan 500 horsepower dan Torsi sebesar 450 lb-ft.

Sendangkan sisi exterior nampaknya tidak menjadi fokus dari evolusi Nissan GT-R 2012. Ubahan exterior hanya terbatas pada front splitter, rear diffuser dan spoiler (wing) dalam upaya meningkatkan down force.


Sumber : www.situsotomotif.com

Selasa, 24 Agustus 2010

Perawatan Pintu Mobil

Pintu mobil merupakan bagian kendaraan sangat penting untuk dirawat, sehingga menjamin keamanan & kenyamanan pada saat berkendaraan. Pintu mobil sering luput dari perhatian pemiliknya, padahal jika terjadi kerusakan bisa berakibat fatal.

Misalnya, bila rel kaca sudah getas sehingga air bisa masuk ke celah pintu dan membuat mekanisme penggerak kaca jendela berkarat. Sehingga saat naik turunnya kaca akan terasa berat dan harus dibantu dengan tangan. Belum lagi terdengar suara berderit, serta pemutar kaca bisa macet seketika. Demikian juga dengan gagang pintu, jika pelumas untuk mekanisme pembuka pintu mengering, pintu akan sulit dibuka.

Hal Yang Dilakukan

Tips perawatan berikut ini, sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sekali :

1. Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti obeng plus dan min, kuas, solar, gemuk dan pelumas semprotan.

2. Buka panel penutup (trim pintu) dengan posisi kaca turun ke bawah. Buka baut pegangan pintu dan gagangnya dengan obeng plus. Lalu lepas tuas pemutar kaca dengan mencungkil pin.

3. Buka panel pintu dengan mencungkilnya pakai obeng min. Untuk mobil dengan 'power window' copot sakelarnya. Perhatikan lis kaca (weather strip) bersihkan kotoran yang menempel pakai kuas dan solar. Tunggu sampai kering. Atau bersihkan dengan air sabun dan setelah kering bersihkan dengan lap.

4. Bersihkan gigi regulator dan oleskan dengan gemuk. Juga gigi penggerak motor untuk yang menggunakan power window. Lumasi juga lengan pemutar dan pernya.

5. Periksa tangkai pengimbang regulator, juga rel atas dan bawah penggerak tangkai regulator. Bersihkan dengan solar lalu olesi dengan gemuk.

6. Setel kaca yang miring dengan cara menaikkan kaca setengah dan kendurkan dua baut pengimbang bagian bawah. Setelah itu dorong kaca ke belakang dan kencangkan kembali baut pengimbangnya.

7. Perhatikan bukaan pintu luar, cek apakah terasa ada pergeseran jika difungsikan. Jika ya, lumasi dengan pelumas semprotan. Saat melakukan penyemprotan, sekalian cek dengan memainkan bukaan pintu luar dan dalam.

8. Periksa tangkai besi pengunci pintu. Terutama bagian bawah yang menggerakkan kunci. Bersihkan bila berkarat atau kotor dan semprotkan pelumas.

9. Jika sudah selesai pasang kembali panel pintu, untuk yang power window jangan lupa pasang sakelar kembali.

sumber www.gudangmobil.com

Senin, 23 Agustus 2010

Tenaga Kendor Akibat Knalpot Bocor

Jangan tergesa-gesa menyalahkan performa mesin jika Anda merasa mobil kurang bertenaga. Bukan tak mungkin kesalahan terletak pada komponen lain. Karena knalpot bocor, misalnya. Untuk mengetahui kebocoran knalpot dapat dilakukan dengan cara mendengar. Knalpot yang bocor biasanya menghasilkan suara gas buang lebih berisik dan keras seiring putaran mesin.

Bila benar knalpot mengalami kebocoran, perbaikan dapat dilakukan dengan mengelas bagian-bagian yang bocor. Namun jika sudah terlalu parah dan keropos di mana-mana, mau tidak mau knalpot tersebut harus diganti dengan yang baru.

Knalpot bocor memang dapat mempengaruhi performa mesin. Hubungan sebab akibat itu terjadi karena secara teknis kebocoran pada knalpot dapat mengurangi pemanfaatan panas yang dihasilkan mesin.

Normalnya, dari 100% panas yang dihasilkan mesin, 32% hilang akibat pendinginan mesin, 6% hilang akibat gesekan, 3% hilang akibat bermacam pompa di mesin, 34% akan terbuang melalui gas buang. Nah, hanya 25% lah yang dimanfaatkan untuk menjadi tenaga. Jumlah untuk tenaga inilah yang akan semakin kecil jika knalpot bocor. Karena panas mesin yang terbuang ke udara bebas melalui knalpot semakin besar. Itu sebabnya mesin terasa kurang bertenaga.

Selain masalah usia, kebocoran pada knalpot umumnya dipicu oleh korosi (karat). Korosi pada komponen knalpot bisa terjadi karena efek kondensasi (karena perbedaan temperatur antara di dalam dan di luar pipa knalpot) maupun karena kandungan garam yang cukup tinggi di udara sekitar kendaraan.

Dari uraian itu, ada beberapa tindakan yang perlu kita perhatikan agar kasus knalpot bocor tidak terjadi.

Jangan sering-sering idling (stationer) atau berkendara dalam kecepatan rendah pada waktu yang lama. Ini untuk mencegah mengendapnya air dalam pipa knalpot.
Jagalah kebersihan bagian kolong kendaraan terutama pada saat musim hujan. Di antaranya adalah pipa atau saluran knalpot.
Beri perhatian extra pada knalpot bila sering melewati daerah-daerah yang mengandung kadar garam yang tinggi (melewati pantai misalnya). Cara ini untuk mencegah korosi.(Source : AstraWorld)

Sumber : http://astraworld.blogspot.com

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan(2)

Musim hujan telah datang, sebagian orang memandang musim hujan sebagai sebuah berkah, namun tak begitu halnya bagi pemilik mobil, hujan membuat mobil kotor dan tak sedap dipandang mata.

Apalagi jika anda tinggal di kawasan yang rawan banjir dan pasti anda tak ingin mobil kesayangan Anda tergenang air, karena mobil secanggih apapun, sebetulnya tak pernah dirancang untuk tahan air.
Selain itu keutuhan sejumlah komponen, baik dalam mesin maupun komponen penggerak juga perlu dijaga dari ancaman air. Paling tidak sebagai persiapan mobil tak mogok walau terus diguyur hujan atau malahan terpaksa melewati beberapa genangan. Meskipun terkadang pemeriksaan sederhana ini berbuntut kunjungan kita ke bengkel langganan bila memang terdapat beberapa kerusakan serius.

Bukankah lebih baik mencegah dari pada mogok saat banjir melanda atau saat hujan deras menguyur mobil Anda. So, tak ada salahnya kita mencermati dan mengamati trik dan tips bagaimana cara merawat dan membersihkan mobil di musim hujan.

* Seperti kita tahu air hujan banyak mengandung garam dan butir-butir kotoran halus, karena itu jangan langsung mengelapnya, lebih baik basahilah dahulu bodi mobil Anda dengan air bersih sampai merata. Kemudian cucilah mobil dengan sampoo berbusa rendah dan bilaslah kembali secara merata serta mengelapnya.

* Jangan meninggalkan kotoran atau garam oleh air hujan pada bodi mobil lebih dari 3 hari, karena akan menyebabkan timbulnya karat, jamur serta noda-noda air yang mengering.

* Bersihkan mobil Anda secara menyeluruh, seperti: engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil, tepi kap mesin, dll. Jangan meninggalkan bekas air sehabis mencuci pada bodi mobil terlalu lama karena dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

* Bersihkan mobil anda sebagian dahulu atau separuh setelah selesai baru kemudian yang lain.

* Hindari pencucian mobil dengan shampoo yang berbusa tinggi, jika tidak terlalu kotor, cukup dengan air saja.

*Pemeriksaan Komponen

Periksa sistem pembakaran
Periksa seluruh komponen sistem pembakaran seperti tangki bahan bakar, saluran bahan bakar, pompa bahan bakar, saringan bahan bakar apakah perlu diganti atau tidak dan jangan lewatkan komponen sistem pembuangan, gas buang, dan rangkaian knalpot.

Pemeriksaan ini perlu karena kebocoran itu tak saja membuat terbuangnya BBM secara percuma. Bahkan bisa membuat masuknya air ke dalam tangki bensin atau tabung dalam rangkaian knalpot mobil. Bila hal itu terjadi kerusakan lebih parah pasti akan terjadi pada sistem mekanis mesin lainnya.

Periksa sistem pengapian
Periksa komponen sistem pengapian. Cek saat pengapian dan lakukan penyetelan saat pengapian yang tepat. Periksa keadaan koil dan platina. Pastikan busi dalam keadaan bersih dari kotoran, periksa keadaan busi dari kemungkinan elektroda yang aus atau terbakar.

Ganti kabel busi bila sudah bocor, keras atau terlalu tua. Pemeriksaan lebih detail harus dilakukan pula pada penutup busi, koil atau distributor. Bila bagian ini terdapat celah atau lobang, guyuran air akan mematikan kelistrikan mobil bersangkutan.

Periksa sistem kelistrikan
Periksa komponen sistem kelistrikan apakah semua berfungsi dengan baik, seperti apakah ada kabel yang mengelupas, putus, kendor dan kerusakan lain. Periksa lampu-lampu kendaraan apakah ada yang putus. Periksa pula instrumen switch lampu. Masuknya air dalam sistem perlistrikan dan kabel bakal menyulut terjadinya hubungan arus pendek dan membuat mobil segera mogok jika bagian ini basah.

Periksa dinamo starter
Periksa apakah motor starter berfungsi dengan baik. Apakah motor starter lancar, tidak tersendat-sendat. Paling mudah terpantau saat dinamo stater mengalami kerewelan adalah susahnya mesin mobil dihidupkan. Pastikan pula arus yang mengalir ke motor starter kuat untuk memutar motor starter.

Bila keempat bagian ini benar-benar tak luput dari pemantauan, mobil bakal jauh dari momok 'mogok' walau setiap hari terguyur hujan bahkan saat Anda terpaksa menghadapi genangan air. Saat menghadapi genangan jangan panik, sejauh tak terlampau tinggi kurang dari setengah roda mobil. Dengan perlahan dan pertahankan tekanan gas dalam posisi tetap. Selamat berhujan-hujan!

sumber : situs gudangmobil.com

Minggu, 22 Agustus 2010

Mobil Sulit Dihidupkan, Bagaimana Mengatasinya?

Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemiliknya sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat mobil.

Jangan sampai Anda menjadi salah satu diantara mereka yang buta teknologi, sebab mati mesin tak jarang terjadi di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting). Untuk itu, simak tips- tips berikut ini.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.

Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di- starter, pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou udah masalah CDI, perlu ke bengkel karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri.

Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong. Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor. Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula. Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.

Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.

Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di- starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter- nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.


Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau platina Anda

Sumber : www.indosiar.com dan ww.gudangmobil.com

Sabtu, 21 Agustus 2010

Pilih Busi Benar, Mobil Lancar

Efisiensi bahan bakar tak cukup ditentukan lewat cara mengemudi yang benar saja. Faktor lainnya, dari sisi kendaraannya sendiri juga lumayan banyak. Seperti pengaruh pada keempat roda dan sudah pernah dibahas di Kompas.com (silakan buka rubrik Tips n Trik). Penyebab lain, pemakaian busi yang pas. Lantas bagaimana mencari busi yang baik dan cocok buat besutan Anda?
Secara umum, sekarang ini jenis busi ada dua macam sesuai bentuknya. Busi berelektoda dan yang high performance, masing-masing mempunyai karakteristik dan kode-kode yang berbeda dan tertera pada lapisan keramik busi yang menunjukkan tipenya. Biasanya dianalogikan dengan panas dan dingin. Seperti NGK, misalnya angka 1-8 berkarakter panas, sedang 9 - 14 menandakan busi dingin. Kebalikan dengan busi Bosch, angka besar menunjukkan panas dan angka kecil dingin.
Nah, jika sudah memahami angka, kini celah antara side electrode dan center electrode. Maksudnya gap (kerengangan) dan panjang ulir secara keseluruhan. Tujuannya agar kepala busi tidak bersentuhan dengan piston saat dalam konsisi TMA (Titik Mati Atas). "Paling tidak, jarak antara elektrodenya 0,8 sampai 1 mm," jelas Denim Gunawan, produsen busi Varso. Kalau tidak mau keliru, bisa dipandu dengan melihat buku manual.
Selain celah, perlu diperhatikan juga bahan di center electrode. Ada 4 macam dengan material beragam. Mulai dari copper, silver, platinum dan iridium. Saat ini yang lagi tren berbahan dasar iridium yang elektroda tengahnya berbentuk jarum.
Lantas bagaimana jika diterapkan di mobil-mobil standar? Menurut Denim, bisa-bisa saja, terpenting mobil itu multi koil. Untuk membedakannya secara lebih spesifik, bisa dengan metode menghubungkan kabel positif dan negatif multi tester ke belah sisi ujung busi. Jika angka menunjukkan 4,7 - 5,2 ohm, artinya busi iridium atau beresistor. jika didapat angkanya di bawah itu berarti busi non-resistor.
Di pasaran, banyak sekali busi iridium. Di antaranya NGK, Denso, Autolite dan Splitfire. Atau kalau mau lebih hardcore, bisa kebet lansiran HKS. Karena diperuntukkan mesin ubahan yang ekstrem. harganya berkisar Rp 100- Rp. 500 ribu perset (4 pieces).
Kemudian busi jenis high performance yang tonjolan elektrodanya di tengah tidak tampak. Karakteritis busi ini lebih dingin dari iridium biasa. Penggunaannya khusus buat mobil-mobil yang berkompresi sangat tinggi dan di bawah pengaruh boost turbo.
Tipe busi high performance ini sulit ditemui di pasaran. "Paling ada dua merek, NGK dan Denso," tegas Hans, punggawa SpeedZ. Soal harga, untuk satu set (4 spieces), untuk NGK high performance berkisar Rp 1,5 juta.
Kabel Busi Ikut diganti
Jika Anda memakai busi high performance, sebaiknya kabel busi standar ikut diganti. Ingat, yang kualitas bagus bukan tergantung dari warna-warni, tapi melayani hantaran listrik ke busi. "yang bagus, core (kabel dalamnya) harus ada ulir kawat dan dilapis semacam karbon," ungkap Wiwin, sales dari Arena Motorsport di Kemayoran.
Banyaknya jumlah core yang tersedia dalam kabel busi tidak serta merta mempengaruhi daya hantar yang baik. Bahkan jika hanya single core dan terdapat seperti syarat di atas, maka itu sudah cukup. Yang perlu diperhatikan, jika lilitan kawat pada masing-masing core harus rapat jarak satu sama lain.
Ada beragam kabel busi racing yang mengklaim punya kualitas mempunyai seperti syarat yang dikatakan pada awal tadi. Mungkin merek-merek seperti Blue Thunder, Hurricane, Red Line dll dengan rentang harga Rp 300 ribu sampai Rp 1 juta, bisa jadi pilihan.


Sumber : http://otomotif.kompas.com dan www.gudangmobil.com

Jumat, 20 Agustus 2010

Mengejar Porsche 911 Turbo, Nissan GT-R 2012 Naik jadi 500 Horsepower

Mengejar Porsche 911 Turbo, Nissan GT-R 2012 Naik jadi 500 Horsepower

Menurut berita yang beredar Nissan akan meningkatkan performa GT-R nya pada model tahun 2012 untuk terus mengekor Porsche 911 Turbo. Ubahannya akan lumayan drastis termasuk suspensi, rem, dan mesin 3.8-liter twin-turbo V6 yang akan menghasilkan 500 horsepower dan Torsi sebesar 450 lb-ft.

Sendangkan sisi exterior nampaknya tidak menjadi fokus dari evolusi Nissan GT-R 2012. Ubahan exterior hanya terbatas pada front splitter, rear diffuser dan spoiler (wing) dalam upaya meningkatkan down force.

Sumber : www.situsotomotif.com dan www.gudangmobil.com

Beberapa Tips Tambahan untuk AC Mobil

Berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja sempurna. Sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar kalau AC macet/rusak atau tidak dingin, keadaan pun menjadi serba salah kaca jendela kalau dibuka, masalah keamanan, debu dan asap kendaraan akan masuk, namun jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap, gangguan pada AC biasanya lantaran kurang perawatan. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:

1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.

2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor AC.

3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.

4. Periksalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah berputar bila AC dinyalakankan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor AC rusak atau selang highpress bisa meledak.

5. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator AC/Cooling Coil Unit karena nikotin yang lengket dan akan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah untuk dihilangkan.

6. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.

7. Sebelum menyalakan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru AC dinyalakankan. Begitu pun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin mobil anda.

8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan sulit untuk dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok/gantung ke GRILL sebab sering mengakibatkan GRILL/angin-anginan patah (karena sebagian GRILL sulit diperoleh di pasaran).

9. Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi.

10. Lakukan perawatan rutin AC. Sangat disarankan


Sumber : http://acmobilindonesia.com/news dan www.gudangmobil.com

NEW HONDA CR-V Hadir Lebih Sporty dan Elegan

NEW HONDA CR-V Hadir Lebih Sporty dan Elegan

PT. Honda Prospect Motor (HPM) kembali meramaikan pasar otomotif dikelas SUV dengan meluncurkan New Honda CR-V. Peluncuran New Honda CR-V yang dilakukan di Pacific Place, SCBD, Jakarta (18/2) menghadirkan sebuah konsep yang lebih matang dengan perubahan pada eksterior, interior maupun dari fitur keselamatan.

Honda CR-V hadir pertama kali pada tahun 2000 kini Honda CR-V dihadirkan dengan beberapa penyempurnaan oleh PT. Honda Prospect Motor, seperti perubahan pada bagian eksterior dengan Front Hood yang baru, Front Grill dengan pola Honeycomb yang membuat New Honda CR-V menjadi tambah sporty, Bumper depan dan belakang yang menambahkan kesan tangguh dan aerodinamik yang lebih baik. Penggunaan velg 17 inchi dengan desain baru serta fog lamp yang berbentuk oval menambahkan kesan elegan dan lebih bergaya.

Interior New CR-V
Pada bagian interior New Honda CR-V akan memberikan sebuah kenyamanan dengan adanya 8-way adjuster, dimana kenyamanan duduk pengemudi dapat diatur secara elektris serta bentuk armrest yang lebih besar dan ergonomis. Di bagian Dashboard dan Door lining terlihat kesan mewah dengan tambahan aksen glossy.


New Honda CR-V juga memberikan tambahan kenyamanan dengan penambahan perangkat head unit baru dengan sistem touch screen yang menggantikan head unit double DIN yang terpasang di versi sebelumnya.

Faktor Safety
New Honda CR-V juga mengutamakan faktor keamanan dengan adanya fitur Vehicle Stability Assist (VCA) yang berfungsi membantu pengemudi untuk mengontrol kendaraan jika komputer mendeteksi terjadinya oversteer ataupun understeer saat melewati tikungan maupun permukaan jalan yang licin.

Urusan mesin New Honda CR-V menggunakan mesin 2.4 liter DOCH i-VTEC, masih sama dengan versi sebelumnya, yang dapat menghasilkan performa yang bertenaga, hemat bahan bakar, serta ramah lingkungan dengan emisi yang kompatibel dengan standar EURO 4.

Penambahan fitur - fitur terbaru pada New Honda CR-V tersebut akan memberikan rasa berkendara yang tidak hanya rasa nyaman saja tetapi juga memberikan rasa aman pada saat berkendara.

Pilihan Warna New CR-V
New Honda CR-V hadir dengan enam pilihan warna, yaitu urban titanium metallic, alabaster silver metallic, brilliant white pearl, dark mocha pearl, polished metal metallic, dan crystal black pearl.

Harga Honda New CR-V
PT. HPM melepas New Honda CR-V dengan harga Rp 346 juta untuk New CR-V 2.0L M/T, 357 juta untuk versi 2.0L A/T Rp , dan Rp 386 juta untuk versi 2.4L A/T dijual.

Sumber : www.situsotomotif.com dan www.gudangmobil.com

Rabu, 18 Agustus 2010

Cara Agar Wiper Tidak Mengeras

Di minggu-minggu terakhir saat Jakarta diguyur hujan deras, keberadaan wiper menjadi sangat penting. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita melakukan pemeriksaan ekstra terhadap wiper mengingat jarak pandang kita saat mengemudi sangat bergantung pada komponen mobil yang satu ini.

Yang pertama kali harus diperhatikan adalah kondisi karet-karetnya, apakah masih elastis atau tidak. Waspadai jika ternyata karet wiper sudah mengeras karena pasti fungsinya menjadi tidak sempurna saat menyapu air dari kaca depan.

Keras dan tidak fleksibel adalah ciri utama karet wiper yang sudah saatnya diganti. Selain dapat menggores kaca hingga meninggalkan bekas yang mengganggu pemandangan, karet wiper yang sudah buruk biasanya ditandai dengan timbulnya embun pada bagian-bagian kaca yang tersapu wiper.

Sumber : http://otomotif.kompas.com dan www.gudangmobil.com

Walaupun terkesan sepele, namun sebaiknya wiper dirawat dengan sebaik-baiknya. Satu hal sederhana yang bisa dilakukan dalam rangka merawat wiper adalah pentingnya merenggangkan karet wiper dari kaca ketika mobil diparkir di tempat yang langsung mendapat sengatan terik matahari.

Cara tersebut merupakan upaya sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga keawetan karet wiper. Sinar matahari yang menyengat kaca lazimnya akan membuat temperatur permukaan kaca ikut naik. Bila wiper menempel, tentu panas itu akan menyentuh bagian wiper yang terbuat dari karet. Sesuai sifat dan karakternya, kondisi panas yang berlebih memungkinkan rusaknya karet pada wiper.

Pada tahap awal, panas yang berlebih akan terlihat dari perubahan bentuk karet yang memuai. Selanjutnya, karena sering mengalami perubahan cuaca dari panas ke dingin akan menjadikan karet tidak elastis dan ketika dioperasikan, wiper akan menggores kaca.

Selain itu, penting juga untuk memeriksa air wiper secara berkala. Segera isi bila tangkinya kosong. Lakukan juga penyetelan pada arah semburan air wiper karena jika arah semburan tidak tepat mengenai lintasan wiper akan mengurangi kemampuannya dalam proses pembesihan kaca.

News ATPM : Generasi ke-4 Honda Odyssey

News ATPM : Generasi ke-4 Honda Odyssey

Honda Motor Corp. (HMC) siap memperkenalkan Odessey terbaru awal februari 2010 mendatang pada ajang Chicago Auto Show.

Untuk meramaikan pasar di segmen MPV Premium, PT Honda Prospect Motor (HPM) rencananya akan meluncurkan Generasi ke 4 dari Odyssey di Indonesia pada tahun ini. Odyssey terbaru inilebih mengedepankan karakter inovasi, kualitas, keamanan dan fun to drive, serta meningkatkan efisiensi.

Odyssey baru akan mengusung mesin berkapasitas 3,7 liter yang dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis enam percepatan.
Fitur - fitur terbaru dari Odyssey generai ke empat ini antaralain Three-Row Side Curtain Airbags dengan Sensor Rollover, Vehicle Stability Assist (VSA) dengan Traction Control, Bluetooth HandsFreeLink, Honda Satellite-Linked Navigation System with Voice Recognition and Rearview Camera dan Tri-Zone Climate Control.


Sumber : www.situsotomotif.com dan www.gudangmobil.com

Minggu, 15 Agustus 2010

King of Elegance : Absolutely Japanese VIP Style

King of Elegance : Absolutely Japanese VIP Style

Konsep elegan VIP yang terfokus dan finishing yang apik membuat Honda Odyssey ini meraih gelar King Elegant dari Accelera Auto Contest, Surabaya. Bentuk original mobil MPV kelas premium seperti Honda Odyssey memang sudah cukup memiliki unsur elegan. Berangkat dari hal inilah, Vincent Hutama memiliki hasrat untuk lebih memperkental tampilan elegan Honda Odyssey lansiran 2004 besutannya dengan melakukan modifikasi berkonsep elegan bergaya Japanese VIP.


Langkah untuk melakukan modifikasinya pun tidak sembarangan, pasalnya modifikasi mobil ini bukan hanya dipersiapkan untuk daily namun untuk diikutsertakan juga dalam kontes modifikasi Accelera Auto Contest. Semua sektor pada mobil ini tidak luput dari sentuhan modifikasi elegan nan kreatif dari modifikator. Tidak tanggung-tanggung, Vincent pun langsung mengandalkan 5 workshop modifikasi yang berbeda keahlian untuk mewujudkan konsep modifikasi yang maksimal.
Melirik gubahan eksteriornya yang digarap workshop Jogja Speed, tampilan muka mobil telah mengaplikasikan grill minimalis bergaris horizontal model Zeus Exe Line custom yang dikombinasikan aplikasi eyelid pada headlamp, custom ducktail dan custom rear spoiler. Menempelnya DAD bonnet mascot pada engine hood pun makin mempertegas konsep elegan yang memang diusung Honda Odyssey berkelir hitam pekat ini.


King of Elegance : Absolutely Japanese VIP Style


Negative Chamber Plus Air Suspension
Menerapkan konsep modifikasi VIP style tentunya harus membuat mobil lebih pendek alias ceper dengan aplikasi velg lebar. Biar lebih fleksibel dengan ketinggian suspensinya, Vincent memilih untuk mengaplikasikan air suspension. Aplikasi Velg lebar Lowenhart X/Position 20 inci ditambah dengan merubah sudut chamber menjadi negatif, hingga ban tercelup ke fender juga semakin mempertegas konsep VIP style. “sudut chamber saya custom menjadi negatif dengan perkiraan kemiringan hingga -15 untuk kebutuhan kontes”, aku Vincent.
Luxury Interior Plus I.C.E
Namanya mobil VIP (Very Important Person) sudah seharusnya bisa memanjakan penumpangnya. Oleh sebab itu interior mobil ini langsung di custom secara total dengan bantuan workshop Maple Interior dan UB Audioworkshop. Kabin telah dimodifikasi dengan didominasi pernak-pernik luxury lansiran DAD Garson.


Kabin tengah dan belakang telah menjadi satu, untuk menerapkan konsep lounge interior dengan desain full custom. Konsep lounge interior ini dilengkapi dengan sofa custom dengan pengaturan motorized dan beberapa perangkat home audio, seperti DVD player serta TV LCD berlayar 32” yang penempatannya dilengkapi dengan sistem motorized custom. Selain itu terpasang juga 2 Way interphone untuk memudahkan komunikasi antara penumpang kabin depan dan belakang.



King of Elegance : Absolutely Japanese VIP Style

Untuk sektor audio video systemnya, mobil ini menggabungkan 2 system, yaitu Sound Quality dan Home Theater. Untuk kualitas suara, mobil ini mengandalkan speaker 3 way dan menggunakan head unit Alpine DVA-9816E lengkap dengan media manager Alpine RUX-C701 plus processor PXA-H701. Modifikasi sektor dapur pacu tidak menjadi prioritas dalam konsep modifikasi yang diusung, akan tetapi Vincent tetap sedikit menjamahnya dengan aplikasi beberapa parts penunjang performa. Well..This Car is absolutely VIP modified.


Spesifikasi:


Eksterior: Exclusive Zeus Exe Line Aero Parts custom, Exclusive Zeus Exe Line Grill custom, Rear Spoiler & Ductail custom, Eye Lids custom, DAD Bonnet Mascot, Innova Fog LampXenon HID Lights (2 Set), Custom Muffler With Custom Twin Exhaust Tail Pipes, Pneumatic System Rear Passenger Doors by SMC, Simple Elegant Body Stripping, Paint Super Deep Black by Spies Hecker. Interior: JDM Odyssey Mid-Dash Panel, Lounge Interior custom, Rear Sofa (2 Way Motorized) custom, Full DAD Luxury Accessories, Luxury Lighting System.


Kaki-Kaki: Velg Lowenhart X / Position 20 x (8,5 + 10) + 23, Accelera Phi Tyres (225+245)/35/R20, WP Pro 6 Pots, Crossdrilled & Slotted Rotor 330, Rear Break Caliper Cover, FBSS Air Suspension Kit, Front Chamber Arms custom, Adjustable Rear Chamber Kit custom, Gun Metal Painted by Spies Hecker.


Audio: Head Unit Alpine DVA-9816E, LCD Samsung 32”, Amplifier Roger's 4 channel custom by STS (2 Pcs), Amplifier U-Dimension Pro Series 4 Channel,Power Capasitor by STS (4 Pcs) custom, Capasitor Bank U-Dimension (2F), Processor Alpine RUX-C701 & PXA-H701, Speaker Depan : Custom 3 Way Speaker by STS, Subwoofer Belakang Rogers Subwoofer (2 Pcs), Subwoofer Tengah Domination D8, Full Range Speaker.


Mesin: Stinger Battery SPV44, Hurricane Supercharger, Simota Replacement Air Filter,Hurricane XCS V2.0, Simota Turbo Ventilator, Mugen Oil Cap

Thanks to: Option family, Ko Willy jogja speed, Mas Totok, Ko Oky Kobar, Pak Agus Jaguar, Andy UB, Victor Maple.


Mobil : Honda Odyssey Absolute / RB-1 2004
Pemilik : Vincent Hutama
Bengkel : Jogja Speed, U.B. Audioworkshop, Maple Interior, Jaguar Autodesign, Sticker by myDesign


Sumber : www.situsotomotif.com dan www.gudangmobil.com

Sabtu, 14 Agustus 2010

Honda City VTEC 2005 : Kombinasi antara Pengalaman dan Treatment Akustik

Honda City VTEC 2005 : Kombinasi antara Pengalaman dan Treatment Akustik

Ini salah satu bukti bila pengalaman menjadi guru terbaik untuk meraih title juara di kontes SQ. Kontes demi kontes diikutinya demi menimba pengalaman kompetisi, akhirnya kini Sandy pun bisa mendapatkan trophy juara SQ di acara puncak EMMA 2010.

Dengan menggunakan Honda City VTEC tahun 2005, Sandy juga sekaligus menepis anggapan bila mendapatkan suara merdu di kabin mobil sedan itu sulit. Lewat tangan dingin Sandy, frontliner workshop Sterindo Autosound, hasilnya mobil dengan kontruksi kabin dan bagasi terpisah ini beringas dengan menggondol 3 juara di kelas atas, yakni 60Jt, Advance 60Jt dan FFA.

Saat disambangi Tim SO, Sandy dengan senyum mempersilahkan system audio di dalam kabin kendaraan untuk didengar. Ehmm..inilah audio selera suara juri asal Thailand. Sedikit informasi mobil ini memang menjadi demo car workshop Sterindo Autosound. Di kabin mobil ini sering digunakan sebagai media riset produk car audio.

Produk Andalan
Kini hasil terbaik sound quality telah diraih, kuncinya produk audio andalan ditanam penuh di sedan ini. Sebelumnnya, Sandy melakukan matching produk di Lab Sterindo, setelah masa break in selesai, produk di install di Honda City. Sebagai main source Pioneer ODR RSD7R II yang dikombinasi dengan processor Pioneer RSP9. Alat pintar ini memberikan fitur tuning yang mendukung semua sound yang ingin dicapai oleh Sandy.

Honda City VTEC 2005 : Kombinasi antara Pengalaman dan Treatment Akustik

Demi suara mulus dari speaker 3 way Cello Premium Series, speaker tersebut dibuat pabrikan dengan spesifikasi high quality, jadi sangat cocok untuk kompetisi. Speaker ini mendapat tenaga dari amplifier Abyss. Hentakan nada bass dihasilkan subwoofer Pioneer PRS 12”.
Ternyata mobil kontes ini, tetap menjadi kendaraan keluarga oleh pria yang hobby pelihara ikan hias. Dengan head unit single din monitor Pioneer AVH 7950 yang memberikan fasilitas multimedia ke monitor head rest Symbion 7”.

Instalasi Kick Panel
Instalasi speaker sekarang yang banyak diadopsi oleh installer di tanah air adalah model kick panel. Dengan model ini, suara yang datang dari speaker tepat didengar telinga. Tidak ada frequency yang hilang, suara antar midbass, midrange dan tweeter sejajar terdengar.
Selain itu keuntungan box midbass model kick panel adalah suara terdengar solid dan mulus, vibrasi bisa berkurang pasalnya dudukan box sangat rigid, jauh sangat berbeda apabila dipasang di pintu. Namun bukan berarti tanpa konsekuensi, Sandy harus merelakan sisi kolong dashboard hingga lantai diberikan porsi box, hal ini demi mendapatkan suara midbass yang mantap.

Tapi soal kenyamanan berkendara, pria yang tinggal di Jakarta Barat ini tetap memperhitungkan faktor keselamatan mengemudi. Pedal gas dan rem bisa leluasa diinjak, tanpa terganggu box midbass. Sisi lainnya, ban serep juga tidak dilupakan, disediakan ruang dibalik jok bekalang, sehingga tidak mengurangi perannya sebagai mobil harian.

Honda City VTEC 2005 : Kombinasi antara Pengalaman dan Treatment Akustik

Treatment
Jika diperhatikan mobil ini memang banyak mendapat polesan akustikal yang rasanya mampu memberiakan tata suara menjadi lebih teduh. Seperti pada dashboard yang dipapas pada ujung panel indikator. Hal ini diaplikasi lantaran mampu mengurangi gelombang suara “nakal” sehingga frequency mulus, dan tata panggung lebih baik, lainnya mobil dibalut peredam disekujur tubuh mulai dari firewall, lantai, pintu bagasi hingga engine hood. Hal ini sangat ampuh meredam distorsi sehingga menjadi lebih rigid dan bebas vibrasi.

Tretment lain ada kayu akustik yang menempel diatas dashboard, hal ini untuk menjadikan suara sesuai apa yang diinginkan Sandy, terdapat kayu akustik di atas dashboard dan panel doortrim. Masih bicara treatment akustikal, di bagian sudut kaca pintu turut ditempelkan diffuser hal ini sangat baik untuk mencegah standing wave pada sisi samping kabin. Hasilnya 3 juara di kelas atas.
Pengalaman berharga Sandy, bisa ditiru SO'mers agar jangan pernah putus asa di kontes SQ.

Prestasi di EMMA Final :
Juara 1 Kelas 60 Jt, SQ EMMA Final 2010
Juara 1 Kelas Advance 60 Jt, SQ EMMA Round 1, 2011
Juara 1 FFA, SQ EMMA Round 1, 2011
Spesifikasi Audio :
Head unit : Pioneer AVH 7950
Pioneer ODR - RSD7R II
Processor : Pioneer ODR – RSP 9
Headrest : Symbion 7”
Speaker : Cello 3 Way Premium Series
Amplifier : Abyss CT4.400 (2 pcs)
Abyss CT2.300
Subwoofer : Pioneer PRS 12”
Accu : Stinger SPV 44

Sumber : www.situsotomotif.com dan www.gudangmobil.com

Kamis, 12 Agustus 2010

Mobil anda bisa Premium atau wajib Pertamax?

Mobil anda bisa Premium atau wajib Pertamax?

Spesifikasi mesin mobil berbeda satu sama lainnya demikian juga kebutuhan "wajib" bahan bakarnya. Ada yang bisa minum Premium (oktan 88) ada juga yang wajib disuguhi Pertamax bahkan Pertamax+ (oktan 92/95). Mesin ngelitik adalah salah satu tanda-tanda besin yang digunakan memiliki oktan terlalu rendah dan dapat merusak mesin secara fatal.

Sebelum kita bahas lebih jauh mari kita kenali 5 fakta Pembakaran bensin:

1. Bensin disemprotkan kedalam ruang bakar dalam bentuk kabut (ukuran kecil) dan bercampur dengan udara
2. Mesin memberikan kompresi pada bensin + udara yang masuk pada ruang bakar
3. Bensin + udara dipadatkan dan kemudian diledakan dengan percikan api
4. Semakin padat maka energi hasil ledakannya semakin besar (dengan jumlah bensin + udara yang sama)
5. Ledakan menghasilkan energi besar yang digunakan untuk menggerakan komponen mesin

Knocking alias mesin ngelitik
Knocking atau yang lebih dikenal dengan istilah ngelitik adalah proses ledakan bahan bakar yang terlalu dini, dengan kata lain tidak diantisipasi. Pada dasarnya bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar (tidak tahan panas) dibandingkan bensin beroktan tinggi. Premium dengan oktan 88 lebih cepat terbakar daripada Pertamax beroktan 92.

Bila dibiarkan terus menerus knocking akan merusak piston, yaitu membuat goresan hingga lubang pada kepala piston. Lihat gambar berikut.

Mobil anda bisa Premium atau wajib Pertamax?

Jadi, alasan Pertamax lebih bertenaga daripada premium adalah tingkat kepadatan BBM + Udara pertamax lebih tinggi saat ledakan terjadi dan ledakan tersebut menghasilkan energi yang lebih besar. (Pertamax juga mengandung aditif yang membantu proses pembakaran lebih bersih).

Panduan mengetahui Bensin yang cocok
Cara mengetahui bensin apa yang cocok untuk mobil anda cukup mudah, salah satunya dengan bertanya ke dealer resmi tetapi anda juga dapat melihat spesifikasi mesin, yaitu angka Rasio Kompresi (bisa dilihat di brosur mobil).


Mobil anda bisa Premium atau wajib Pertamax?


Demikian tabel referensinya:
Rasio Kompresi Angka oktan Jenis Bensin
7:1 - 9:1 88 Premium
9:1 - 10:1 92 Pertamax
10:1 - 11:1 95 Pertamax+


Pada mesin-mesin modern sudah ada perangkat yang disebut Knocking Censor . Alat pintar ini dapat membaca ketahanan bensin terhadap kompresi dan panas dan sengera menyesuaikan waktu pengapian secara otomatis. Penyesuaiannya bisa dibuat maju (lebih cepat) atau mundur (lebih lambat).

Berikut ini tabel rasio kompresi beberapa mobil populer di Indonesia, untuk lengkapnya bisa dilihat pada brosur masing-masing model mobil.
Mobil Rasio Kompresi
Honda Jazz VTEC 10.1 : 1
Honda Jazz i-DSI 10.4 : 1
Mercedes Benz C230 11.2 : 1
Toyota Yaris 10.5 : 1
Toyota Avanza 11 : 1
Suzuki Swift 9.5 : 1
Daihatsu Terios 10 : 1
BMW 325i 10.5 : 1
Suzuki Karimun 8.8 : 1

Sumber : www.situsotomotif.com dan www.gudangmobil.com

Rabu, 11 Agustus 2010

Toyota Corolla : Looks Like Evo...

Toyota Corolla : Looks Like Evo...

Lukman, pemuda pembesut Toyota Corolla berkelir dasar silver ini menerapkan konsep modifikasi street racing yang berkiblat pada tampilan racing Mitsubishi Lancer Evo.Tampang luar mobil sudah berubah sesuai konsep modifikasi yang diusung.

Bumper depan dan belakang sudah mengaplikasikan buatan custom dengan desain yang tidak menghilangkan originalitas bentuk mobil namun tetap bisa mempertegas konsep modifikasi street racing.

Body luar juga makin terlihat compact dengan aplikasi Carbon GT-Wing dibagian buritan, kap mesin custom, head lamp kepunyaan Lancer Evo serta stop lamp custom. Balutan cutting sticker berkonsep racing pada body menjadikan penampilan Corolla kepunyaan pria berusia 26 tahun ini makin sedap dipandang.

Toyota Corolla : Looks Like Evo...

Masuk ke interiornya, nuansa kabin mobil balap drag race kental terlihat. Kabin dibuat kosong melompong dengan dilengkapi rollbar custom serta setir racing Momo Race II. Didalam kabin juga hanya tersisa jok pengemudi yang menggunakan bucket seat replika Sparco yang dilengkapi safety belt 4 titik.

Andalkan Pengapian Dan Exhaust System
Sesuai dengan konsep street racing, Lukman juga tidak ketinggalan melakukan sedikit sentuhan modifikasi pada dapur pacu. Oprekan yang dilakukan Lukman pada mesin memang tidak ekstrim, langkah yang dilakukannya adalah dengan memaksimalkan pengapian serta memanipulasi otak mobil dengan aplikasi piggy back Apexi SAFC II.

Untuk membantu pengapian lebih stabil dan maksimal, sumber listrik mengandalkan Delkor dan dibantu kestabilannya dengan volt stabilizer lansiran Pivot serta aplikasi kabel busi MSD. Selanjutnya, untuk menambah tenaga mesin serta membuat desingan suara knalpot terdengar racing, exhaust system dirubah mengandalkan header custom dan muffler racing HKS.

Toyota Corolla : Looks Like Evo...

Biar mobilnya makin stabil saat digeber, pemuda asal Surabaya ini mengandalkan per lansiran Jamex yang dicustom agar sesuai dengan yang diinginkan. Untuk per depannya dipotong satu ulir, sedangkan yang belakang hanya potong setengah ulir biar tampilan mobil tidak terlalu datar. Terakhir, sistem pengereman juga tidak ketinggalan untuk dimaksimalkan, sistem rem OEM sudah dipensiunkan dan diganti dengan sistem rem kepunyaan Mazda RX-7.

So..dengan kucuran dana modifikasi kurang lebih Rp.50 juta, sang owner telah menghasilkan modifikasi yang terkonsep jelas serta fungsional untuk Corolla besutannya ini.

Spesifikasi :
Mesin : Busi NGK, Kabel Busi MSD, Piggy Back Apexi SAFC II, Accu Delkor, Air Charger Apexi, Air Filter Apexi, Muffler HKS, Header Custom.
Eksterior : Bumper Custom (Front&Rear), Side Skirt Custom, Carbon GT-Wing, Head Lamp Lancer Evo, Stop Lamp Custom, Kap Mesin Custom, Cutting Sticker Custom
Interior : Setir Momo Race II, Rollbar Custom, Pedal Set Razo, Shift Knob Momo, Handbrake Momo, Jok Sparco Replika, Shift Light Pivot, Engine Start Pivot, Tabung Nos.

Kaki-Kaki : Per Jamex Custom, Velg Lenso 18x8, Rem Mazda RX-7
Rumah Modifikasi : District 99
Alamat : Nginden Semolo 84 Surabaya
Phone : 031-70170064 / 081357116666

Sumber : www.situsotomotif.com

Selasa, 10 Agustus 2010

New All Honda Jazz 2008 : Inspirasi Spoon

New All Honda  Jazz 2008 : Inspirasi Spoon

Besutan yang satu ini milik Sugih Djoko, cowok bertubuh atletis yang sedang kepincut dengan dress up modifikasi ala Japanese Domestic Market (JDM). Bagi Sugih, dandanan mobil seperti ini sangat simple namun tetap terlihat mewah. "Selain itu untuk daily use, mobil juga enak dipakai," pikirnya.

Atas keinginan itu, maka cowok yang tingal di bilangan kelapa gading ini membesut Honda All New Jazz dengan detail racing look. Aura JDM memang sangat kental pada tongkrongan compact car ini. Bisa ditengok body kit add on Spoon menghiasi tampilan luar, selanjutnya di sisi belakang wing Spoon pun hinggap. Walhasil pesan JDM pun bisa mudah dipahami. Yang menarik di mobil ini, Sugih turut memperhatikan dengan detail tambahan part yang membuatnya makin istimewa seperti short antenna Spoon, detail carbon hingga cutting sticker. "Untuk cutting sticker ditambahkan biar cat hitam solid tidak full body," siasatnya.

Pada sektor kaki-kaki, ternyata member Genji ini membekali dengan sentuhan sempurna. Kombinasi velg Advance RZ 17x7inci dengan balutan 205/502R17 bikin Jazz lebih napak. Agar pijakan lebih mantap Sugih juga mendapuk per Tein Hitech Gold. Dijamin pijakan tetap kekar. Detail lainnya, velg pun bisa bergaya dengan tambahan lugnut D1 Spec. Keranjingan produk Spoon bisa diintip lewat debut cover caliper Spoon.

New All Honda  Jazz 2008 : Inspirasi Spoon

Demi tata pencahayaan maksimal, pria humoris ini memasang HID 6000K Moonlightning, hal ini sangat baik dikala cuaca hujan dan mengendarai mobil saat malam hari, pasalnya selain cahaya HID berwarna putih, juga sangat fokus saat dinyalakan, walhasil cahaya tidak berpendar.

Dukung Performa
Sugih juga memperlihatkan kompartemen mesih All New Jazz kepada Tim SO dengan dukungan intake Red Sam Simota hal ini demi mengjar performa lebih signifikan. Untuk tarikan lebih yahud Sugih terus membalut menambahkan part after market hingga tarikan tidak standard. Pilihan lain dengan mengganti knalpot orisinil dengan Spoon N1.

New All Honda  Jazz 2008 : Inspirasi Spoon

Detail Karbon
Motif karbon kevlar ternyata tidak hanya pada exterior, aura racing look tetap hadir di tengah kabin. Opsi ini, kata Sugih agar interior tidak biasa, perlu perlakuan agar kabin juga tetap sporty. Tambahan panel carbon pada detail kabin seperti pada dahboard, dan doortrim. Selain itu masih bisa diintip di stir logo honda dengan motif karbon berwarna merah. "Untuk logo honda di stir bermotif karbon belum banyak yang pasang," tukasnya bangga.

New All Honda  Jazz 2008 : Inspirasi Spoon

Tidak ketinggalan Sugih juga menambahkan sistem audio, yang bisa dinikmati kapan saja. Sistem tata suara ala sound quality ini untuk menemaninya saat perjalanan. Sehingga Jazz miliknya bisa memberikan hiburan dalam kabin. Well Jazz ini bisa dibilang menarik luar-dalam.
Spesifikasi :

Kaki-kaki
Eksterior

Velg Advance RZ 17x7inci
Bodykit Spoon

Ban Accelera 205/502R17
wing Spoon

Lugnut D1 Spec
Tail Lamp Espedo

Cover Caliper Spoon
Emblem Fit

Per Tein Hitech Gold
Short Antena Spoon

Foglamp Espedo

Head lamp HID 6000K Moonlightning

window film 3M


Engine

Interior
Knalpot : Spoon N1

Interior panel carbon detail
Cover Oil Tank : Spoon

Steering wheel panel carbon
Intake Red Sam Simota

Red emblem stir carbon

Seat cover MB Tech

Audio :

Sugih Thank to Workshop Modifikasi :
Head unit : Alpine CDA-9855

HID : Moonlightning
Speaker : DLS 2 way component

Body : Autoline
Power : DLS

Kaki-kaki : Auto Style
Helix Dark Blue

Engine : Simota
Subwoofer : JL Audio

Audio : Purist

Sumber : www.situsotomotif.com

Senin, 09 Agustus 2010

Tips Kapan Waktu Tepat Sporing Roda Mobil



KENYAMANAN menggunakan mobil sangat ditentukan dari kerja roda mobil. Apalagi saat ini banyak jalan yang berlubang. Saat roda melibas jalan berlubang dalam kecepatan tinggi, bisa jadi ada komponen kaki mobil yang berkurang kualitasnya.

Indikasi ringan bahwa roda mobil harus di-spooring dapat dirasakan dari kestabilan kemudi. Jika kemudi cenderung lari ke sisi tertentu, bisa jadi itu pertanda bahwa penyelarasan (spooring) harus segera dilakukan.

Bisa juga dari ausnya permukaan ban yang menyebabkan tinggi permukaan tidak rata. Sehingga sisi-sisi permukaan ban tidak mendapat beban yang sama besar akibat kaki-kaki yang tidak selaras.

Di antara beberapa komponen yang paling vital dalam menentukan keselarasan roda dan kemudi ada empat, yaitu: tierod, end tierod, balljoint, dan bushing.

Tierod dan end tierod berfungsi meneruskan gaya belok dari kemudi ke roda-roda. Komponen yang terbuat dari logam ini secara berkala dapat aus sesuai usia pemakaian mobil. Begitu juga dengan balljoint. Komponen yang bertugas menopang knuckle arm ini, juga bisa aus seiring usia pemakaian. Sedangkan bushing yang berfungsi sebagai titik tumpu pergerakan suspensi sangat mungkin rusak karena terbuat dari karet.

Sebelum membawa mobil ke bengkel untuk spooring, pemilik mobil dapat melakukan pemeriksaan awal kondisi empat komponen tersebut. Caranya, angkat mobil menggunakan dongkrak hingga ban menggantung. Lalu, pegang roda dan guncangkan. Jika terasa ogleg, dapat dipastikan bahwa telah terjadi keausan pada tierod, end tierod, balljoint, atau bisa juga bushing pecah.

Pemeriksaan ini penting untuk diketahui sebagai informasi awal bahwa mekanik akan menyarankan penggantian komponen-komponen tadi sebelum dilakukan spooring. Sebab, spooring yang dilakukan tanpa memperhatikan keausan tierod, end tierod, balljoint maupun bushing, tidak akan memberikan hasil memuaskan. Bukan tak mungkin setelah jalan beberapa meter dari bengkel, kaki-kaki masih terasa tidak nyaman.


Sumber : http://www.benih.net/lifestyle/otomotif/ dan situs gudangmobil.com

Tips Beli Mobil Baru

Beberapa di antara Anda mungkin tertarik untuk memiliki mobil pribadi. Entah apakah itu dalam bentuk sedan, minibus, station wagon, bak terbuka, atau apapun itu. Dan mobil, selain lebih memudahkan urusan kita dalam bepergian, baik untuk urusan pekerjaan maupun urusan rumah tangga, juga menghindarkan kita dari risiko kehujanan atau kepanasan. Selain itu, mobil Anda juga bisa digunakan membawa barang dalam jumlah banyak atau menggunakannya untuk tujuan­tujuan produktif lainnya, seperti memperlancar jalannya usaha Anda, mengantar anak ke sekolah, mengajak keluarga bepergian, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya, kebutuhan akan mobil bukan lagi bergantung pada manfaatnya, tapi juga pada gengsinya. Kita tidak bisa menutup mata bahwa gengsi terkadang juga memegang peranan penting dalam mempengaruhi pertimbangan seseorang sebelum memilih mobil. Tentu saja, ini sah-sah saja, sepanjang Anda memang masih bisa membiayainya. Ya, kan?

Kebanyakan orang berpikir bahwa membeli mobil tidak serumit membeli rumah. Lagipula apa, sih, susahnya, datang saja ke dealer mobil, pilih model yang cocok, kemudian negosiasikan harganya. Beres, kan? Betul. Harga mobil pada umumnya memang tidak semahal harga rumah. Bila Anda membeli mobil secara kredit, pilihan jangka waktu kredit yang tersedia pada umumnya juga lebih sedikit dan lebih pendek daripada jangka waktu kredit untuk membeli rumah.

Betul. Membeli mobil memang tidak serumit membeli rumah. Tapi, apa yang harus dilakukan setelah membeli mobil itulah yang harus betul-betul diketahui. Ini karena ketika Anda membeli mobil, maka Anda sebetulnya sudah mengikatkan diri pada suatu komitmen jangka panjang. Iya, dong. Komitmen pertama adalah komitmen yang berhubungan dengan operasional mobil itu, seperti bahwa Anda harus mengeluarkan uang secara rutin untuk membayar biaya bahan bakarnya, biaya parkir, dan lain sebagainya. Komitmen kedua adalah komitmen yang berhubungan dengan perawatan mobil itu, seperti bahwa Anda harus mengeluarkan uang untuk merawat mobil Anda secara rutin dan mengganti suku cadang setiap beberapa ratus/ribu kilometer sekali. Itu juga butuh biaya yang mungkin tidak sedikit. Komitmen ketiga adalah komitmen yang berhubungan dengan pembetulan kerusakan. Artinya, Anda juga harus melakukan pembetulan setiap kali ada kerusakan yang terjadi pada fisik atau suku cadang mobil Anda, entah itu karena kecelakaan atau bukan. Itu juga butuh biaya yang mungkin tidak sedikit.

Semua itu, tentu saja akan membebani anggaran pengeluaran dalam keluarga Anda. Belum lagi bahwa harga-harga biasanya akan selalu naik setiap tahun. Inilah sebabnya kita sering mendengar kata-kata, "Makin tua umur mobil, biasanya dia akan semakin merongrong." Tentunya kata merongrong di sini adalah merongrong uang Anda.

Tapi, hal sebaliknya terjadi pada nilai mobil itu sendiri. Perlu Anda tahu bahwa mobil adalah barang yang nilainya menyusut dari tahun ke tahun bila Anda pakai. Yang jelas, mesin mobil tidak akan lebih prima daripada ketika Anda membelinya pertama kali. Belum lagi badan luar mobil. Inilah kenapa nilai mobil akan terus menyusut dari tahun ke tahun setelah Anda pakai.

BERAPA YANG SANGGUP ANDA BIAYAI?

Hal yang pertama yang harus dilakukan sebelum membeli mobil adalah dengan mengetahui berapa jumlah dana yang Anda miliki saat ini dan memberi batasan seberapa banyak dari dana tersebut yang dapat dibelanjakan untuk membeli mobil. Pembelian mobil dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu membeli secara tunai atau membeli secara kredit. Biasanya dealer mobil akan meminta Anda untuk membayar "tanda jadi" atau booking fee (semacam harga yang harus dibayar agar mobil Anda tidak 'diambil' orang lain).

Untuk pembelian mobil secara kredit maka Anda akan diminta untuk membayar uang muka sebesar jumlah tertentu dari harga mobil, sehingga sisanyalah yang akan dicicil. Setiap dealer mobil biasanya bekerja sama dengan perusahaan leasing untuk menyediakan jasa pembelian mobil dengan kredit. Atau, bisa juga mengajukan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) ke bank. Pada saat ini jangka waktu kredit mobil rata-rata hanya 1 s/d 3 tahun. Untuk menentukan berapa jumlah cicilan mobil yang sanggup Anda bayar, maka patokannya adalah jumlah cicilan kredit mobil Anda seharusnya tidak lebih dari 1/3 penghasilan Anda per bulan, sehingga sisanya atau 2/3 dari penghasilan Anda dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga. Selain itu, perlu diperhitungkan pula anggaran untuk biaya bahan bakar mobil, perawatannya dan asuransi.

MEMILIH JENIS MOBIL YANG SESUAI

Ada baiknya bila Anda memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan bukan semata-mata karena mobil tersebut sudah begitu lama Anda inginkan. Tentukan manfaat apa saja yang Anda inginkan dari mobil itu, dan cari jenis mobil yang paling memenuhi manfaat yang Anda inginkan tersebut. Dengan hanya membatasi pilihan pada jenis mobil yang memang memenuhi kebutuhan Anda, maka Anda dapat lebih banyak menghemat waktu dan mencegah keluarnya lebih banyak uang untuk membeli mobil yang - mungkin - belum tentu memenuhi kebutuhan Anda.

Sebelum membeli mobil, carilah informasi tentang harga-harga pasaran dari berbagai macam merek mobil yang memiliki jenis mobil yang Anda inginkan. Semakin banyak pilihan mereknya, tentu akan semakin baik untuk Anda..

Setelah Anda mempersiapkan anggarannya dan memilih jenis mobil yang Anda inginkan, maka saatnya bagi Anda untuk pergi membelinya. Membeli mobil tentu saja tidak selalu berarti bahwa Anda harus pergi ke dealer mobil. Bisa saja Anda membelinya dari saudara atau teman. Tapi, yang paling penting adalah bahwa Anda harus tetap pada rencana semula dan mematuhi anggaran yang sudah dibuat. Siapapun mereka - entah mereka adalah saudara Anda, teman Anda atau siapapun dia yang mungkin dekat dengan Anda - anggap saja bahwa semuanya adalah penjual mobil yang akan membujuk Anda untuk membeli, tidak peduli apakah mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

Yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperlihatkan bahwa Anda sudah tahu apa yang akan dibelanjakan dan Anda sedang mencari mobil tertentu yang memiliki manfaat seperti yang Anda inginkan. Di bawah ini adalah sejumlah tips yang mungkin berguna bagi Anda ketika sedang melihat-lihat, memilih dan membeli mobil:

1. Jangan pernah memutuskan membeli mobil tanpa mempertimbangkannya lebih dulu. Ingat, mobil ini akan Anda pakai selama beberapa tahun ke depan. Jadi, jangan pernah langsung membeli mobil tanpa lebih dulu mempertimbangkannya, walaupun jika mobil itu diiming-imingi diskon sekalipun. Mobil dengan harga murah belum tentu bisa memenuhi kebutuhan Anda. Tidak perlu terburu-buru. Lihat semua pilihan yang tersedia. Gabungkan seluruh informasi dari dealer-dealer mobil yang sudah Anda kunjungi dan bandingkan harganya satu sama lain.

2. Jika Anda menghubungi dealer lewat telepon untuk menanyakan harga mobil, catatlah selalu nama penjual yang mengatakan harga itu kepada Anda dan jangan lupa untuk memberikan juga nama Anda. Gunanya adalah bahwa ketika Anda datang, si penjual mobil tidak akan memberikan harga yang berbeda (yang mungkin lebih tinggi) daripada ketika ia memberitahukan harganya lewat telepon.

3. Waktu-waktu yang terbaik untuk bernegosiasi harga biasanya adalah di akhir bulan, ketika para penjual mobil sedang berusaha untuk mencapai target penjualan. Demikian juga beberapa minggu sebelum hari raya Lebaran atau Natalan. Atau bisa juga pada bulan Januari atau Februari. Ini karena biasanya pada saat-saat tersebut bisnis sedang berjalan lambat.

4. Jangan pernah mendiskusikan mengenai cicilan kredit mobil sampai Anda mendapatkan harga yang pasti. Buatlah negosiasi menjadi mudah dan sederhana.

5. Bersiaplah untuk mengatakan tidak jika Anda merasa tidak mendapatkan harga yang pantas untuk mobil tersebut. Jangan merasa sungkan untuk angkat kaki bila Anda merasa harganya tidak cocok.

PERSYARATAN KREDIT MOBIL

Tentu saja, membeli mobil secara tunai biasanya akan lebih murah dibanding bila Anda membeli mobil tersebut secara kredit. Namun demikian, jika dana Anda tidak mencukupi untuk membeli mobil secara tunai, maka Anda dapat membelinya secara kredit. Bila Anda membeli mobil melalui dealer, maka setiap dealer mobil biasanya menyediakan jasa pembelian mobil secara kredit, dimana mereka bekerja sama dengan perusahaan keuangan seperti perusahaan leasing (perusahaan pembiayaan) atau bank. Sehingga, disetujui atau tidaknya permintaan kredit yang Anda ajukan tersebut, tentu saja berada di tangan perusahaan leasing atau bank tersebut. Untuk mengajukan kredit mobil, maka Anda perlu melengkapi data­data diri Anda sebagai berikut:

1. Foto kopi KTP
2. Foto kopi Kartu Keluarga
3. Foto kopi Akte Nikah, bagi yang sudah menikah
4. Foto kopi slip gaji dan Surat Keterangan Bekerja, bagi karyawan
5. Foto kopi Buku Tabungan atau Rekening Koran minimal 3 bulan terkahir
6. Foto kopi tagihan listrik 1 bulan terakhir
7. Foto kopi SPPT / PBB (Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang / Pajak Bumi dan Bangunan ) tahun terakhir

Oh ya, walaupun Anda membeli mobil secara kredit, Anda harus tetap menyediakan sejumlah uang tunai karena ada beberapa biaya-biaya yang harus dibayar di muka, seperti :

1. Tanda jadi (booking fee)
2. Uang muka (down payment)
3. Biaya asuransi mobil
4. Biaya administrasi

Dan mungkin akan lebih bijaksana jika Anda tidak memaksakan diri untuk membeli mobil baru, jika setelah diperhitungkan, ternyata cicilan bulanannya sangat berat untuk Anda. Ini karena pendeknya jangka waktu kredit pada mobil (yang biasanya 1 s/d 3 tahun) membuat jumlah cicilan bulanan mobil akan jauh lebih besar daripada cicilan rumah yang jangka waktunya panjang (bisa sampai 15 tahun). Jika kondisi Anda seperti ini, maka ada baiknya bila Anda mempertimbangkan saja untuk membeli mobil bekas yang kondisinya masih baik.

DIJUAL KEMBALI DENGAN HARGA LEBIH TINGGI

Kenapa ada mobil yang bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi?

Di atas dikatakan bahwa nilai mobil akan terus menyusut dari tahun ke tahun segera setelah Anda memakainya. Lalu, kenapa ada mobil yang bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi daripada harga belinya setelah dipakai? Jawabannya adalah karena naiknya harga dolar. Jangan lupa bahwa suku cadang mobil-mobil di Indonesia pada umumnya masih dibeli dari luar negeri, dimana transaksi pembelian tersebut menggunakan mata uang dolar. Bahkan - selain suku cadang - ada beberapa merk mobil yang juga dibeli langsung dari luar negeri (dimana ini juga menggunakan mata uang dolar). Nah, ketika harga dolar naik, maka harga jual kembali mobil juga ikut naik. Inilah kenapa ketika terjadi krisis moneter lalu, ketika harga dolar melonjak dari Rp 2500-an menjadi Rp 10.000-an, banyak mobil yang bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada harga belinya.

Tapi dari segi nilainya, nilai mobil seharusnya menurun setelah Anda pakai, bukan malah naik. Ini karena kondisi mobil Anda setelah dipakai tidak lagi akan seprima ketika Anda membelinya pertama kali. Jadi, jangan harap Anda bisa menjual mobil Anda dengan harga yang (jauh) lebih tinggi dibanding pada harga ketika Anda membelinya, kecuali bila harga dolar naik secara drastis seperti yang pernah terjadi pada tahun 1998.

Oleh: Safir Senduk
Dikutip dari Tabloid NOVA No. 705/XIV

Sumber : http://www.indofamilymen.com/

Merawat Cat Mobil Agar tetap Kinclong

Banyak pemilik mobil yang mengambil jalan pintas agar cat mobil tampak mengkilap dengan menggunakan obat poles. Memang, dengan cara ini hasilnya akan cepat kelihatan secara langsung. Namun lama-kelamaan obat poles itu justru akan memudarkan cat mobil itu sendiri. Maka dari itu di samping penggunaan obat poles, menjaga dan merawat cat mobil agar selalu tampak mengkilap juga sangat penting. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan:


a) Siasati kondisi cuaca
- Usahakan sebisa mungkin untuk parkir mobil di tempat beratap sehingga terhindar dari panas matahari atau hujan secara langsung. Sinar matahari yang memancar terus-menerus dapat merusak lapisan cat mobil. Demikian pula mobil yang kehujanan apabila tidak segera dikeringkan maka akan timbul bercak-bercak noda biang jamur.
- Di malam hari, disarankan untuk menghindari kontak langsung antara mobil dengan embun karena dapat mempercepat timbulnya karat. Bila Anda tidak memiliki garasi yang tertutup sebaiknya mobil ditutup dengan kantung mobil atau terpal.

b) Hati-hati mencuci mobil
- Bila Anda mencuci mobil, disarankan untuk menghindari penggunaan sabun detergen. Kandungan zat kimia dalam sabun detergen dapat memudarkan kecemerlangan cat mobil.
- Sebaiknya gunakan sampo khusus untuk mencuci mobil, namun bila terpaksa habis gunakan sabun/shampoo untuk mandi asal tidak mengandung detergen.
- Saat mencuci mobil sebaiknya hindari busa sabun menempel terlalu lama apalagi di bawah sinar matahari pada bodi mobil karena dapat menimbulkan bercak-bercak noda pada cat mobil. Sebaiknya begitu dilakukan penyabunan segera disiram dengan air.
- Mencuci mobil, paling ideal, dilakukan saat kendaraan dingin dan di tempat terbuka lagi teduh. Selekas mobil terguyur rata hingga detail mendapat semprotan air, segera keringkan dengan lap. Mulai dengan mengelap kaca dan bodi bagian atas. Bila memungkinkan ni bila Anda memiliki pompa kompresor setelah mobil tampak kering semprotkan angin bertekanan ke sejumlah lekuk dan sekujur 'tubuhnya'.

c) Hindari cairan yang dapat merusak
- Sedapat mungkin hindarkan cat mobil dari tumpahan cairan yang dapat merusak seperti minyak rem, cairan oli dan lain-lain. Bila terkena tumpahan segera hapus dan bersihkan.

d) Hilangkan partikel-partikel kasar yang melekat pada mobil
- Saat mengecat mobil atau melakukan pengikisan terhadap cat mobil, perhatikan partikel-partikel kecil yang biasanya sering masih melekat pada mobil. Ini sangat penting mengingat, satu partikel saja bisa menyebabkan cat mobil tergores.
- Hilanghkan debu halus di mobil, sebaiknya digunakan kemoceng karena alat pembersih itu bisa menghindari beret di permukaan cat mobil.

Sumber : http://www.plnntt.co.id/forum

Jumat, 06 Agustus 2010

Honda Accord Cielo 1994: "Limousine Ala Jogjakarta"

Honda Accord Cielo 1994:

Spesifikasi modifikasi Honda Cielo kali ini begitu lengkap, wajar mendapat predikat Champion Elegant. Yang menjadi ciri mobil ini adalah body melar, air suspension dan perintah motorized untuk membuka semua pintu. Jogjakarta kembali mentorehkan tinta emas dalam jagad modifikasi tanah air. Baru-baru ini modifikator asal kota guded berhasil menggapai trophy Champion Elegant Accelera Auto Contest yang dihelat baru-baru ini di Jakarta.

Semangat pantang menyerah dijalani tim Jogja Speed dengan kendaraan asal pabrikan Jepang. Honda Accord Cielo keluaran tahun 1994 yang masuk ke Emagz SO kali ini, telah mengalami bedah wujud yang amat berbeda dengan mobil aslinya. Sebagai Front Cover, tim SO melihat banyak kelebihan dari mobil berkonsep Japan Limousine ini. Saat dilihat dari bagian depan, mobil ini memang tidak begitu mencuri perhatian, namun buat SO'mers yang melihatnya dari samping, maka akan melihat sebuah kualitas permak body yang begitu memukau. Di sinilah letak kelebihan mobil sedan asal Jogjakarta.

Sedikit memberikan informasi, lama proses pengerjaan mobil ini memakan waktu 1 tahun. Selama 12 bulan inilah Sedan hitam tersebut nongkrong di workshop yang berlokasi di Jl. Krangkungan, Jogjakarta. Hasil pengerjaan tergolong halus, detailing pada tiap sisi terlihat rapih. Inilah yang menggaet hati juri modifikasi untuk memberikan point tinggi, antara konsep dan detailing sama baiknya.

Honda Accord Cielo 1994:


Permak Body
Penambahan “daging” dan “tulang” pada mobil ini memang dilakukan untuk mendapatkan tampilan Limousine. Demi mendapatkan body premium, tim Jogja Speed memakai bagian kendaraan lain. Jadi ada kendaraan yang dikorbankan dan body-nya ditambah ke Honda Accord. “Pilihan menggunakan body kendaraan dilakoni demi mendapatkan hasil desain yang selaras,” kata salah seorang perwakilan tim Jogja Speed, saat pemotretan mobil ini.

Dilihat sekilas, memang terdapat pintu tengah yang mengadopsi dari kendaraan. Hanya saja dibutuhkan kejelian desain sehingga hasilnya maksimal. Tidak hanya “daging” yang ditambah, namun hal yang sama juga diperlakukan pada chasis yang ditarik porosnya sesuai kendaraan. Hanya di bagian tengah dilakukan penyambungan dengan menggunakan chasis baja dan diikat dengan erat oleh las kualitas tinggi. Selain itu penambahan kaca samping juga dilakukan, mengikuti bagian yang ditambah.

Semakin menarik di bagian penyambungan body, tim Jogja Speed tidak menggunakan pilar tengah untuk menyangga atap. Pintu suicide door dipilih lantaran konsep pintu ini mengedepankan desain elegant murni. Pintu belakang digerakkan dengan system motorized yang dioperasikan dari knob di bagian dashboard.

Bicara system motorized juga berlaku pada tutup pengisian tangki bensin, pintu depan, baggage hood, engine hood dan sunroof. Cukup pencet knob semua bagian yang terbuka ini bisa bergerak secara simultan.

Honda Accord Cielo 1994:

Kabin Lux
Tidak nikmat rasanya, jika tidak masuk ke dalam Limousine. Suasana mewah terlihat pada partikel kabin. Daleman Limo ini banyak memakai part custom yang didesain ala tim Jogja Speed. Mulai dari jok, dootrim, dashboard, carpet, plafond dibungkus dengan leather lewat pengerjaan apik. Namun Limo ini tidak haram menggunakan part aftermarket seperti steering wheel pakai Fabulous, shiftknob milik DAD, pedal set kepunyaan Momo.

Kabin terbagi menjadi dua bagian, pemisahan ini menjadi simbol mobil VIP, di depan disediakan jok untuk driver dan bagian kiri masih diberikan 1 jok untuk penumpang. Sementara di kursi belakang tersedia sofa empuk dengan desain double seat. Sofa ini dibalut dengan leather motif kulit buaya, walhasil kesan mewah bisa didapat.
Selain itu terdapat TV berukuran besar yang bisa digerakkan dengan system motorized. Tidak lengkap rasanya bila tidak menyediakan minibar sebagai prasyarat mobil VIP, dengan memanfaatkan beberapa sisi, maka fasilitas minibar turut tersedia. Ada di dalam kabin luxurious dengan layanan berbagai fasilitas, menjadikan penumpang belakang layaknya berada di hotel bintang lima.


Honda Accord Cielo 1994:

Multimedia Sistem
Apa yang menjadi system untuk meramu layanan audio di dalam kabin? Mobil ini mencemplungkan system multimedia agar sesuai dengan konsep over all mobil ini. Sebagai source utama dipakai head unit Alpine CDA-9861 yang disambungkan ke TV monitor di kabing belakang seperti monitor 32” dan dan LCD 19” yang ada di trunk.

Untuk speaker disesuaikan dengan kebutuhan, ada 5 set speaker 6.5” yang tersebar di kabin depan, belakang dan bagasi. Tidak ketinggalan subwoofer 12” nongkrong dengan posisi reverse agar makin terlihat sentuhan kosmetik. System multimedia ini didukung oleh 3 power dengan tenaga besar. Sehingga system tidak akan drop apabila semua driver dan monitor bekerja.
Limousine hasil besutan wong Jogjakarta ini membuktikan,bila modifikasi di tanah air, telah menjadi gaya hidup dan harus mendapat apresiasi yang layak dari semua pihak.

Spesifikasi :
Exterior :
Body color : Spies Hecker Super deep black
Spion : custom
Bumper : custom
side skirt : custom
Rear wing : custom ducktail
Engine hood : custom
Baggage Hood : custom
Wide body : custom
Grill : custom
sunroof : custom
Emblem : DAD
Under Carriage :
Per : Air Suspension Crux Air
Shockbreaker : Air Suspension Crux Air
Tyres : Accelera 225/35/20 (front)
Accelera 245/35/20
Pelek : Super star Rowel 20x(9+10)+0
Rear Chamber kit
Engine :
Muffler : custom
Turbo : IHI RHF5
Intercooler : Greedy
Pipe : custom
Header : custom
Air filter : Hurricane
Interior :
Dashboard : leather
Seat : leather
Carpet : custom
Doortrim : custom
Door sealplate : custom
Plafond : custom
Steering wheel : Fabolous
Shiftknob : DAD
Pedal Set : Momo
Gas lever : Momo
Turbo Timer : Pivot
Audio :
Head unit : Alpine CDA-9861
TV Monitor : Custom motorized 32”
LCD Samsung 19”
Proson 7” (2 pcs)
Full motorized AVT 7”
Speaker : Hart 6.5 (5 set)
Amplifier : Soundstream Van Gohg
Soundstream Picasso
Performa Competition (monoblock)
Subwoofer : Rockford Fosqate P1 12” (4 pcs)
Cap bank : Intersys 1.5F (2 pcs)

Workshop Modifikasi :
Jogja Speed
Jl. Krangkungan No. 13-15
Jogjakarta, Telp & Fax : (0274) 886640